Grand Final Pemilihan Duta Anak Bulukumba Berlangsung Spektakuler

  • 24 Februari 2019
  • 415
  • Administrator

Bulukumba, Siga

Malam Grand Final Pemilihan Duta Anak Bulukumba 2019 yang berlangsung spektakuler di Baruga Ammatoa Hotel Agri Bulukumba Sabtu 23 Februari 2019 akhirnya menetapkan Muh. Rafliansyah Saputra siswa SMAN 8 Bulukumba, Andi Ahmad Alfarabi siswa SMAN 10 Bulukumba dari Kecamatan Rilau Ale sebagai Duta Anak (Putra) Bulukumba dan Aulia Salman siswi SMAN 1 Bulukumba dari Kecamatan Ujung Bulu, Qaiatul Muallina siswi MAN 1 Bulukumba dari Kecamatan Bulukumpa sebagai Duta Anak (Putri) Bulukumba.

Ke-empat Duta Anak Bulukumba tersebut berhasil menyisihkan dua puluh empat orang calon Duta Anak Bulukumba lainnya melalui proses seleksi yang cukup ketat selama kurang lebih tiga pekan. Grand Final Pemilihan Duta Anak Bulukumba yang dikemas apik seperti pemilihan Putri Indonesia itu menghadirkan Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto bersama Siti Isniah TSY Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba sebagai Juri utama.

Mereka yang berkompetisi di ajang pemilihan Duta Anak Bulukumba itu harus melewati tahapan seleksi seperti pembekalan, unjuk kebolehan dalam seni musik, lagu, tari, puisi, penulisan essay, presentasi dan orasi tentang masalah hak dan perlindungan anak. Tim Juri tidak dapat mengetahui siapa yang dapat lolos menjadi Duta Anak mewakili Bulukumba di pertemuan Forum Anak Nasional, sebelum seluruh jenis kategori penilaian terkumpul.

Puncaknya, mereka yang lolos di dua belas besar, delapan besar, enam besar, empat besar harus mampu berorasi menjawab pertanyaan Tim Juri seputar hak-hak anak dan perlindungan anak. Bahkan setiap pertanyaan dan Juri yang bertanyapun diundi dengan sistem yang sangat ketat. Akibatnya, hanya peserta yang betul-betul paham dengan persoalan anaklah yang muncul sebagai Duta Anak Bulukumba.

Selain menetapkan Duta Anak Bulukumba, pihak panitia juga menetapkan Yusra siswi SMK Putra Bangsa dari Kecamatan Gantarang sebagai Duta Anak Berbakat, Kurnia Nurfitrah siswi SMAN 9 Bulukumba dari Kecamatan Ujung Loe sebagai Duta Anak Intelegencia Putri, Muh. Rafli siswa SMAN I Bulukumba dari Kecamatan Ujung Bulu sebagai Duta Anak Intelegencia Putra, Arzal Isham siswa SMAN 10 Bulukumba sebagai Duta Anak Persahabatan, Fitra Alya Kurnia siswi SMAN 14 Bulukumba sebagai Duta Anak Favorit dan Zahra Dwi Wardhania siswi SMAN I Bulukumba dari Kecamatan Bontotiro sebagai Duta Anak Best Sosial Media.

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto saat membuka Grand Final Pemilihan Duta Anak Bulukumba mengatakan, kegiatan spektakuler yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba itu sebagai investasi jangka panjang untuk memberikan ruang bagi anak-anak Bulukumba dalam menyalurkan aspirasinya.

Wakil Bupati mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar pemenuhan hak-hak anak di Bulukumba dapat diwujudkan melalui Sekolah Ramah Anak, Rumah Sakit Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, Taman Ramah Anak, Kecamatan Layak Anak dan Kelurahan Layak Anak. "Untuk memastikan Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Anak, kita harus memberikan jaminan bahwa hak-hak anak kita terpenuhi,. Tentunya semua harus melalui kerjasama seluruh unsur pemerintah dan masyarakat" kata Tomy Satria Yulianto.(Admin-Foto Irwan)