Germas Baku Salah Satu Unsur Pemenuhan Hak Anak

  • 28 Juli 2019
  • 81
  • Administrator

Bulukumba, Siga

Untuk membangun kedekatan orang tua dengan anak, serta untuk menanamkan minat baca sejak dini dilaksanakan Proram Germas Baku atau Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku untuk Anak.

Untuk tingkat Kabupaten Bulukumba, kegiatan Germas Baku dipusatkan di TK Al-Uswah Kelurahan Caile Bulukumba, Sabtu 27 Juli 2019. Kegiatan tersebut diikuti ratusan anak perwakilan TK/TPA se Kabupaten Bulukumba.

Saat ini, menurut Ketua Himpaudi Bulukumba A.Tasmirah, anak-anak Indonesia sangat kurang yang gemar membaca dan bahkan ada penelitian yang mengatakan, diantara seribu anak, tidak sampai sepuluh anak yang gemar membaca. Untuk itulah kegiatan Germasbaku digaungkan sebagai upaya mengkampanyekan gerakan membaca dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sejak dini.

Menanggapi hal tersebut, Masykur, salah satu orang tua anak yang juga staf Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Germas Baku ini. Dia menilai kegiatan ini sebagai salah satu hal yang dapat memenuhi hak anak yang dijamin dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. "Salah satu hal yang ditegaskan dalam undang-undang tersebut yaitu hak untuk berekreasi yang bukan saja dengan membawa anak untuk berlibur tetapi membacakan anak buku kesukaannya, " tuturnya.

Kasubag Program, Pelaporan dan Keuangan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba itu berharap kegiatan semacam ini tidak hanya bersifat momentum saja, tetapi menjadi kebiasaan setiap hari orang tua meluangkan waktu untuk anaknya. Tentu demi anak yang menjadi cikal bakal penerus kejayaan keluarga, bangsa dan negara.***